Banner CK


Iklan

KPU Banner



 

Bawaslu Banner


 

Menteri P3A RI Didampingi Walikota & Ketua TP PKK Tomohon, Launching Kelurahan Ramah Perempuan & Peduli Anak

CitaKawanua.com
Friday 9 August 2024, 21:54 WIB Last Updated 2024-08-18T22:57:25Z

 



Tomohon|||CK- Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH dan Ketua TP PKK Kota Tomohon dr Jean’Arc Karundeng-Senduk mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Bintang Puspayoga, melaunching Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Wale Megfra Matani Tomohon, Jumat (09/08/24).


Dalam kegiatan ini juga Walikota Tomohon telah mengkukuhkan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).


Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam sambutannya mengatakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Kota Tomohon atas kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga di Kota Tomohon ini.


“Banyak terima kasih kepada Ibu Menteri yang di setiap kesempatan juga boleh mempromosikan Kota Tomohon dengan selalu memakai batik dari Tomohon,” ujar Senduk.


“Kami mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon ibu Bintang Puspayoga bersama rombongan. Selamat menikmati Keindahan Kota Tomohon dan keramahan Kota Tomohon,” imbuh Senduk.


Lanjut, dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat maka dipandang perlu adanya pembentukan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kota Tomohon. Yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan layanan untuk memastikan adanya, support sistem yang dibangun serta sinergi, kerja kolaborasi dengan lembaga yang berbasis masyarakat.


“Sebagai Walikota saya menegaskan untuk semua Camat, Lurah dan stakeholder terkait untuk membentuk Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di 44 kelurahan yang ada di Tomohon,” tegas Senduk.


Mengingat hal tersebut sangat diperlukan sebagai upaya untuk menyatukan kedua kekuatan antara tanggungjawab orang tua dan kewajiban negara untuk membantu mengatasi permasalahan keluarga yang didalamnya ada perempuan dan anak.


Untuk menunjang program pemerintah khususnya kelima arahan dari Presiden Ri yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender, Peningkatan peran ibu dalam keluarga dalam pendidikan pengasuhan anak Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Penurunan pekerja Anak, pencegahan perkawinan anak.


“Selaku pemerintah kota Tomohon dengan dikukuhkannya seluruh pengurus kelurahan ramah perempuan dan peduli anak untuk kiranya mampu menjalankan tugas dalam mengatasi permasalanan dalam berbagai bidang berkaitan dengan perlindungan perempuan dan anak,” tandasnya.


Sementara, Menteri P3A Bintang Puspayoga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tomohon karena telah mengundang ke Tomohon untuk menghadiri TIFF Tomohon internasional Flower Festival 2024.


Kata Puspayoga, ini bukan kali pertama dirinya datang di Tomohon, kalau tidak salah tahun 2010 dirinya datang ke Tomohon untuk melihat Festival Bunga (TIFF). Tahun ke tahun Kota Tomohon semakin indah lebih luar biasa.


“Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi setulus-tulusnya karena komitmen Walikota Tomohon bersama jajarannya yang selalu berkomitmen memberikan pendampingan baik itu dalam kesetaraan gender, dalam pemberdayaan perempuan dan juga pemenuhan hak, perlindungan anak yang ada di Kota Tomohon ini,” kata Puspayoga.


“Hari kami menyampaikan rasa berbahagia dan berbangga karena telah menyaksikan pengukuhan SAPA yang telah di kukuhkan oleh Walikota Tomohon. Saya yakini betul akan bisa memberikan pendampingan kepada perempuan dan anak yang ada di kota Tomohon,” tandasnya.


Menteri berharap launching Kelurahan ramah perempuan dan peduli anak ini tidak hanya seremonial semata tapi betul diwujud nyatakan dikelurahan yang kita jadikan model sebagai kelurahan ramah perempuan dan peduli anak. “Mari kita bergotongroyong bersama untuk mewujudkan model kelurahan ramah dan peduli anak,” pungkasnya.


Menteri juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tomohon bersama jajarannnya yang telah menginisiasi Kelurahan ramah perempuan dan peduli anak.


Setelah launching, menteri bersama Walikota Tomohon menghadiri jegiatan Hari Anak Kota Tomohon dengan Tema Anak Merdeka Dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting yang dilaksanakan GOR Babe Palar.


Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Pemenuhan Hak Anak Pri Budiarto Nur bersama rombongan, Staf Khusus Menteri Dr. Ulfa Mawardi,MPd.,Plt. Asisten Deputi Kementerian P3A Suhain S.Sos, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME,Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Kepala Dinas P3A PROV. Sulut Wanda Musu SE ME, Kepala Dinas P3A Kota Tomohon dr. Olga Karinda,M.Kes, para camat, Lurah dan undangan. (Red**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri P3A RI Didampingi Walikota & Ketua TP PKK Tomohon, Launching Kelurahan Ramah Perempuan & Peduli Anak

Terkini

Iklan CK