Banner CK


Iklan

KPU Banner



 

Bawaslu Banner


 

Mandagi Wakili Senduk, Buka Pusdiklat Calon Paskibaka Kota Tomohon 2024

CitaKawanua.com
Monday 5 August 2024, 15:24 WIB Last Updated 2024-08-08T04:37:33Z


Tomohon|||CK- Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH diwakili Asisten 1 Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs O. D. S. Mandagi, MAP menghadiri kegiatan Pemusatan Pendidikan Dan Pelatihan  (Pusdiklat) Calon Paskibraka Kota Tomohon tahun 2024.

Kegiatan yang termasuk dalam Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan ini digelar di AAB Guest House, Senin (5/8/2024).

ODS Mandagi saat membacakan sambutan walikota mengatakan
pemusatan pendidikan dan pelatihan dilaksanakan bagi calon paskibraka dengan tujuan untuk membentuk pandu ibu Indonesia dengan menggunakan sistem desa bahagia.

“Desa bahagia merupakan suatu desa yang anggota-anggotanya terdiri dari insan-insan pengamal Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Mandagi.

Lagi kata Mandagi, Pemusatan Diklat diikuti oleh seluruh calon Paskibraka yang telah lulus seleksi. Dalam pemusatan Diklat, calon Paskibraka diasramakan paling singkat 14 (empat belas) hari dalam satu lokasi yang telah ditentukan. Untuk Kota Tomohon sendiri dilaksanakan di tempat ini, AAB Guest House selama 14 hari dari tanggal 4-17 Agustus 2024.

“Dalam pemusatan Diklat peserta akan dibekali dengan pembelajaran aktif, pelatihan, dan pengasuhan. Pembelajaran aktif merupakan strategi belajar yang melibatkan calon paskibraka secara langsung dalam berinteraksi, menyelesaikan masalah, dan menyimpulkan pemahaman. pelatihan merupakan proses peningkatan keterampilan/kemampuan teknis kepaskibrakaan calon paskibraka,” terang Mandagi.

Sedangkan pengasuhan merupakan proses tindakan dan interaksi antara Calon Paskibraka dengan pamong untuk melakukan pembinaan/pembimbingan dalam pembentukan sikap calon paskibraka.

“Pemusatan Diklat saat ini diikuti oleh 62 orang calon paskibraka yang telah lulus seleksi. Hal ini merupakan kehormatan dan kebanggaan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang tua dan sekolah. dengan terpilihnya kalian dari sekian banyak rekan-rekan kalian yang ingin menjadi anggota paskibraka, ini menunjukkan bahwa kalian dianggap memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota paskibraka. oleh sebab itu, sebagai anggota terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika tinggi, dan berbudi luhur, serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi,” tandasnya.

“Hal ini harus mampu kalian buktikan selama pendidikan dan pelatihan. Proses yang akan kalian jalani ini bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental kalian, demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yakni pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI ke – 79 di Kota Tomohon tahun 2024,”pugkasnya.

Untuk diketahui bersama, Kota Tomohon tahun ini mengirimkan satu putri dan putra terbaik sebagai calon anggota paskibraka di tingkat provinsi sulawesi utara.

Hal tersebut merupakan suatu prestasi yang luar biasa yang patut kita syukuri bersama.

“Perlu diresapi juga bahwa salah satu puncak keberhasilan upacara memperingati hut Proklamasi RI ke – 79 ini berada di pundak pasukan pengibar bendera. Maka berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tekun dan serius, patuhi dan ikuti semua pesan dan instruksi fasilitator, pelatih, dan pamong. Jaga disiplin, perhatikan kesehatan, dan tetap jaga kekompakan sebagai team work. Untuk Itu buat para Calon PASKIBRKA Selalu semangat, taat kepada Instruktur, dan Selalu Mengandalkan Tuhan dalam Segala hal dan Tanggung jawab,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut Asisten 1 membuka kegiatan Pemusatan Pendidikan Dan Pelatihan Calon Paskibraka Kota Tomohon tahun 2024 Dalam Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan Secara Langsung, sekaligus memberikan Tanda Peserta dan Perlengkapan Peserta Paskibraka.

Turut Hadir, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kota Tomohon, Bpk. Stenly C. Mokorimban, SH., Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kota Tomohon, Bpk. John Gigir., Para Panitia dan Instruktur Paskibraka., Calon Paskibraka Kota Tomohon., Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (Red**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mandagi Wakili Senduk, Buka Pusdiklat Calon Paskibaka Kota Tomohon 2024

Terkini

Iklan CK