Banner CK


Iklan

KPU Banner



 

Bawaslu Banner


 

Bawaslu Tomohon Gandeng Media, Awasi Pilkada 2024, Beri Edukasi Masyarakat Tangkal Informasi 'Hoax'

CitaKawanua.com
Saturday 27 July 2024, 21:51 WIB Last Updated 2024-07-28T13:02:08Z



Sulut|||CK- Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif oleh Media, Organisasi Masyarakat dan Pemilih Perempuan Dalam Rangka pemilihan tahun 2024, yang dilaksanakan bertempat di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara (Minut), pada tanggal 26-28 Juli Sukses dihentak.


Pada kegiatan Rakor, unsur Media sepakat untuk membantu pihak Bawaslu Tomohon untuk meredam informasi hoax terkait Pilkada.


Saat itu, Media yang didalamnya para Wartawan yang sehari-harinya melaksanakan tugas di Kota Tomohon, memuat Action Plan Program Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 di Tomohon. 


Ivana Palit dan Jhonn Paransi yang didapak oleh  perwakilan media untuk memaparkan tindak lanjut Pengawasan pada tahapan Kampanye Pilkada 2024 nantinya.


"Tujuan dari pengawasan ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya informasi Hoax. Mencegah penyebaran informasi Hoax selama masa kampanye Pemilukada 2024. Mengedukasi pemilih pemula mengenai cara mengenali dan menghindari informasi Hoax, Bahkan akan dampak dari berita Hoax."terang Palit yang diiyakan oleh Paransi.


Sementara itu menurut Palit, rekomendasi kegiatan Kampanye Anti-Hoax akan direncanakan bertepatan dengan Kampanye Damai, pada bulan September nanti. Selain itu akan melakukan sosialisasi ke Sekolah-sekolah di Kota Tomohon.


"Dengan melibatkan masyarakat  secara aktif dalam pengawasan berita Hoax, terutama pemilih pemula, semoga diharapkan Pemilu 2024 di Tomohon dapat berjalan dengan lebih jujur, adil, dan berintegritas. Pemberantasan informasi hoaks bukan hanya meningkatkan kualitas pemilu, tetapi juga memperkuat demokrasi di tingkat lokal." kata Palit dan Paransi.


Setelah pemaparan yang dilakukan oleh, Ketua Bawaslu Tomohon Stenly Kowaas, di dampingi anggota Bawaslu Yossi Korah dan Handy Tumiwuda, mengapresiasi action plan program pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 dari unsur Media yang disampaikan oleh Ivana Palit dan Jhon Paransi.



“Progam Action plan dari kelompok media akan  pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, pastinya akan memberi dampak kepada masyarakat. Untuk itu, Kami segera berkoordinasi dengan teman-teman KPU saat deklarasi kampanye damai, serta  Roashow edukasi ke pemilih pemula di sekolah-sekolah.” tutup Kowaas. (Red**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bawaslu Tomohon Gandeng Media, Awasi Pilkada 2024, Beri Edukasi Masyarakat Tangkal Informasi 'Hoax'

Terkini

Iklan CK