Iklan

Iklan Taman Eman dan Citra Regenci

Perekrutan Pantarlih Diawasi Bawaslu, Kowaas Himbau Rekrulah Yang Berkualitas

CitaKawanua.com
Friday 14 June 2024, 14:16 WIB Last Updated 2024-06-14T05:16:10Z
Ketua Bawaslu Kota Tomohon
Stenly Jerry Kowaas (Foto IST)


Tomohon|||CK- Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, terus bergulir. Kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, sementara merekrut petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih).


Kepada sejumlah awak media, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Stenly Kowaas mengakui pihaknya terus mengawasi setiap tahapan jelang Pilkada 2024, termasuk proses perekrutan Pantarlih oleh KPU Kota Tomohon.


Kowaas mengakui, bahwa bawaslu mendorong KPU dan jajaran untuk sangat-sangat selektif dan cermat dalam proses rekrutmen Pantarlih.


"Karena tugas Pantarlih sangat krusial sekaligus sensitif. Data Pemilih rentan jadi masalah, karena posisi data pemilih akan jadi patokan pengadaan logistik serta akan memengaruhi situasi di TPS saat pemungutan suara." terang Kowaas.


Selain itu, lebih jelas Kowaas, yang paling penting juga, Pantarlih yang direkrut tidak boleh yang ada kaitan dengan Parpol, tim sukses dan tim kampanye. 


“Kalau Pantarlih tidak netral, cenderung data pemilih yang dihasilkan tidak benar-benar otentik seperti yang ada di lapangan,” aku Kowaas.


Pantarlih yang direkrut mesti dipastikan adalah orang-orang yang memiliki komitmen dan dedikasi kuat dalam menghadirkan pemutakhiran data pemilih yang memang berkualitas.


“Jangan sampai muncul lagi cerita bahwa Pantarlih hanya ber-telepati dari rumah saat menyusun data Pemilih, atau tidak benar-benar turun di lapangan untuk melakukan pendataan yang komprehensif” imbuh dia.


Kowaas menambahkan, Bawaslu melalui jajaran Panwascam & PKD akan menyeriusi benar proses rekrutmen dan kerja-kerja Pantarlih di lapangan. 


“Tujuannya satu, Pemutakhiran data pemilih berjalan sesuai amanat aturan. Itulah kenapa kami terbuka menerima informasi dan laporan masyarakat jika ada masalah dalam rekrutmen Pantarlih” tegas Kowaas. (Red**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perekrutan Pantarlih Diawasi Bawaslu, Kowaas Himbau Rekrulah Yang Berkualitas

Terkini

Iklan CK