Iklan

Iklan Taman Eman dan Citra Regenci

APEKSI di Balikpapan Sukses, Caroll Senduk Promosikan Pariwisata Kota Tomohon

CitaKawanua.com
Thursday 6 June 2024, 19:39 WIB Last Updated 2024-06-07T06:42:39Z

 


Tomohon|||CK- Pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2024 yang diselenggarakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, berjalan sukses.


Pemerintah Kota Tomohon yang masuk sebagai anggota APEKSI, turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan APEKSI tahun 2024 ini.


Disatu kesempatan, Wali Kota Caroll J. A. Senduk mengatakan pemerintah Kota Tomohon turut serta dalam karnaval yang merupakan ajang penting bagi kota-kota di Indonesia untuk mempererat hubungan dan memperkenalkan budaya masing-masing daerah, termasuk pariwisata di Kota Tomohon.


Untuk itu, Pemkot Tomohon rasa bangganya karena telah berpartisipasi pada kegiatan APEKSI ini. "Ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk menunjukkan kekayaan budaya Tomohon kepada masyarakat luas. Semoga partisipasi kita dalam karnaval ini dapat memperkuat citra Kota Tomohon sebagai daerah yang kaya akan tradisi dan budaya." terangnya.


Menurut Wali Kota Caroll, kegiatan APEKSI 2024 di Balikpapan tidak hanya menampilkan karnaval, tetapi juga berbagai acara lainnya seperti seminar, pameran produk unggulan daerah, dan pertunjukan seni budaya.


"Pastinya, partisipasi Kota Tomohon dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi promosi pariwisata dan ekonomi daerah." kata Wali Kota Senduk.


Sementara itu, Ketua Rombongan Karnaval Budaya Pemkot Tomohon Edwin Roring SE ME menyebut, pihaknya menyambut baik pelaksanaan APEKSI yang jadi ajang pertemuan seluruh pemerintah kota se-Indonesia. Wadah tukar pikiran, gagasan sekaligus momen untuk memperkenalkan masing-masing kebudayaan. 


"Dari sisi melestarikan budaya tentunya, kita bisa tahu seperti apa kesenian dari Kota Bau-Bau, Madura dan masih banyak lagi. Ternyata banyak hal unik yang bisa dijumpai. Bangganya, kita mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pengunjung." ujar Roring.


Dalam karnaval tersebut, rombongan dari Kota Tomohon tampil memukau dengan menggunakan pakaian adat khas daerah mereka. Para pria mengenakan pakaian Kabasaran, busana tradisional yang sering digunakan dalam tarian perang Minahasa, yang melambangkan keberanian dan kekuatan. Sementara itu, para wanita mengenakan kebaya, pakaian nasional yang elegan dan anggun, mencerminkan keindahan dan kelembutan budaya Indonesia.


Saat kontingen Pemkot Tomohon Karnaval Budaya disambut antusias oleh masyarakat dan pengunjung yang hadir.


Adapun diketahui, ada sekira 80-an lebih rombongan karnaval yang ambil bagian dalam kegiatan yang dipusatkan di BSCC Dome Balikpapan. (Red**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • APEKSI di Balikpapan Sukses, Caroll Senduk Promosikan Pariwisata Kota Tomohon

Terkini

Iklan CK